Home » , , » Jenis Jenis Pohon Buah Tin Yang Cocok Di Tanam Di Indonesia

Jenis Jenis Pohon Buah Tin Yang Cocok Di Tanam Di Indonesia

Pohon Tin sekarang sangat di minati oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Berbagai jenis pohon ini dijual dengan harga yang mahal. Walaupun harga pohon buah Ara ( nama lain buah tin ) ini mahal, tidak sedikit yang antri untuk membelinya. Pohon Buah Tin memang sangat fenomenal, karena buah ini sangat spesial, buah ini juga di sebut dalam kitab suci Al-Qur;an dalam surat At-Tiin. Buah ini juga dilengkapi dengan berbagai manfaat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita, bahkan bukan buah nya saja namun daun dari pohon tin ini dapat dibuat teh tentu saja memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Pohon Tin ini juga mempunyai banyak jenis dan varietas nya, jadi jangan salah beli jika ingin menanam Pohon ini di indonesia, karena tidak semua jenis dan varietas dari pohon fig ( bahsa inggris buah tin ) dapat tumbuh dan berbuah di indonesia. Banyak sebab dan faktor yang menyebabkan jenis tertentu dari pohon tin ini tidak cocok ditanam di indonesia, berikut ulasannya :

Karena banyak pula di Indonesia beredar varian-varian yang tidak kami rekomendasikan untuk dipelihara; karena beberapa sebab seperti sbb:
  • Ada banyak varian buah tin / figs yang beredar di Indonesia yang tidak cocok hidup dan beradaptasi degan iklim Indonesia yangg tropis (figs buah tin adalah tanaman asli dari daerah subtropis).
  • Berhati-hatilah: Lebih dari 50% varian pohon buah tin / ara / figs yang beredar di Indonesia mempunyai nama yangg palsu. Beberapa spekulan memanfaatkan ketidaktahuan konsumen dgn memberi nama baru pada varian yangg sudah ada nama validnya. Hal ini mereka lakukan demi mendapatkan keuntungan berlebih dan disebabkan juga karena kekurang paham mereka (para penjual) akan dunia figs.
  • Ada beberapa varian yangg proses adaptasinya cukup lama di Indonesia, sekitar 2-3 tahun baru bisa beradaptasi dan kurang bandel daya tahan tumbuh dan daya hidupnya.
  • Memang beberapa varian figs cocok hidup di Indonesia dan bisa berbuah di Indonesia, hanya saja varian tersebut kurang produktif.


Maka dari itu pilihlah jenis varietas dari pohon buah tin yang dapat tumbuh subur dan berbuah lebat jika di tanaman di indonesia yang memiliki iklim tropis. Berikut adalah jenis atau varian dari pohon tin yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di indonesia :

1. Green Jordania Figs (LN)
2. Purple Jordania Figs (LN)
3. Conadria USA Figs
4. Brown Turkey Figs
5. Khurtmani Palestine Figs
6. Black Ischia Italy Figs
7. Negronne France Figs

Brikut ini daftar varian figs introduksi terbaru 
yang merupakan rekomendasi kami:

1. ABICOU FIGS
2.  PANACHE FIGS
3. GRISE SAINT JEAN FIGS
4. NOIRE DE CAROMB FIGS
5. BAUJOSSETE FIGS
6. BELLONE FIGS
7. SULTANE FIGS
8. TENA FIGS


Artikel Lainnya

Popular Posts